T-45A/C Goshawk
Sejak dimulai dioperasikan oleh AL AS dan Marinir AS pada tahun 1992, ratusan unit Goshawk menjadi pesawat latih favorit berkat kemampuannya yang prima. Militer AS memesan sekitar 230 T-45A/C dan semua unit sudah diterima oleh AL AS dan Marinir hingga 2009. Sebagai pengganti pesawat latih TA-4J Skyhawk dan T-2C Buckeye, Goshawk sesuai dengan rencananya akan dioperasikan oleh militer AS hingga 2035. Meskipun dioperasikan untuk pesawat latih dalam keadaan perang atau situasi darurat, Goshawk bisa dipasangi persenjataan karena dibawah kedua sayapnya terdapat dudukan untuk memasang bom, roket dan tangi BBM cadangan. Sejumlah keunggulan Goshawk hingga layak menyandang julukan full carrier capability antara lain terletak pada bagian kokpit, sister avionic, mesin dan persenjataan.
Kokpit Goshawk untuk kepentingan latihan sangat nyaman menggunakan system pendingin khusus yang dihasilkan dari mesin (engine air bleed system). Sementara untuk latihan, semua pergerakan pesawat bisa dimonitor langsung baik oleh pelatih maupun pilot yang dilatih melalui video kamera sehingga proses latihan langsung bisa dianalisis begitu usai terbang. Tersedia pula perangkat untuk memonitor kondisi cuaca dan udara, serta system pengoperaian dan akurasi senjata yang bekerja secara computerized.
Role Naval trainer aircraft
Manufacturer McDonnell Douglas
Boeing
BAE Systems
First flight 16 April 1988
Introduced 1991
Primary user United States Navy
Number built 207 as of 2008
Developed from BAE Hawk
General characteristics
• Crew: 2 (student, instructor)
• Length: 39 ft 4 in (11.99 m)
• Wingspan: 30 ft 10 in (9.39 m)
• Height: 13 ft 5 in (4.08 m)
• Wing area: 190.1 ft² (17.7 m²)
• Empty weight: 10,403 lb (4,460 kg)
• Max takeoff weight: 14,081 lb (6,387 kg)
• Powerplant: 1× Rolls-Royce Turbomeca F405-RR-401 (Adour) turbofan, 5,527 lbf (26 kN)
Performance
• Maximum speed: 560 knots, (645 mph, 1,038 km/h) at 8,000 ft
• Range: 700 nmi (805 mi, 1288 km)
• Service ceiling: 42,500 ft (12,950 m)
• Rate of climb: 8,000 ft/min (40.6 m/s)
Armament
• Usually none. One hardpoint under each wing can be used to carry practice bomb racks, rocket pods, or fuel tanks. A centerline hardpoint can carry a cargo pod for crew baggage.
Pada system avionic mutakhir yang dimiliki oleh Goshawk diantaranya system yang berfungsi mengontrol penerbangan secara aman, stabil, dan presesi (Attilude and Heading Reference System, AHRS) yaitu AN/USN-2. Perangkat avionic lainnya adalah radio komunikasi yang bisa dioperasikan secara khusus dan tidak terdektesi lawan Rockwell Collin AN/ARN-144 VHF, radar altimeter Honeywell AN/APn-194 yang sanggup mengontrol ketinggian terbang secara akurat, perangkat navigasi untuk kepentingan SAR yang sanggup member sinyaldari bawah laut jika terjadi kecelakaan LN-100G serta terintregasi dengan GPS.