Republic XF-91 Thunderceptor
XF-91 Thunderceptor adalah hasil pengembangan dari F-84 Thunderjet. Terbang pertama kali pada tanggal 9 Mei 1949 dan merupakan salah satu jet tempur pertama yang berhasil menembus kecepatan suara dalam keadaan level flight.
Jet tempur ini menggunakan gabungan mesin turbojet dengan mesin roket dan berhasil mencapai kecepatan maksimum Mach 1,71. Walaupun demkian, Angkatan Udara AS ternyata tidak tertarik terhadap pesawat ini karena XF-91 hanya bisa digunakan sebagai day fighter, sementara perkembangan teknologi mengakibatkan USAF menginginkan pesawat yang dapat dilengkapi dengan radar sehingga dapat bertempur dalam segala cuaca ataupun di malam hari. Proyek XF-91 pun dibatalkan dan hanya sempat dibuat sebanyak dua unit prototype saja.
Specifications (XF-91)
Crew : 1
Powerplant : 1 x 30.6kN / 6,900 lb-afterburning thrust General Electric J47-GE-7 turbojet engine and 4 x 7kN / 1,500 lb –thrust Reaction Motors XLR11-RM-9 rockets
Length : 9.52m
Wingspan : 13.18m
Height : 5.51m
Weight empty : 6,410 kg
Loaded weight : 8,400 kg
Maximum speed : 1,584 km/h
Range : 1,880 km
Service ceiling : 14,500m
Armament : 4 x 20mm cannons